Home » , » Lima Tokoh Lintas Agama Hadiri Natal di Katedral Bandung

Lima Tokoh Lintas Agama Hadiri Natal di Katedral Bandung

Written By Unknown on Sabtu, 29 Desember 2012 | 07.37


Sebagai cerminan Kota Bandung yang terkenal dengan kota agamis, lima tokoh lintas agama mulai dari Kristen, Katolik, Islam, Hindu dan Buddha berbaur menjadi satu dan duduk satu meja dalam perayaan Natal 2012 di Gereja Katedral, Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/12/2012).
Kelima tokoh agama itu berkumpul dan bersilaturahim dengan mengangkat tema “Hidup Rukun dan Damai, Memantapkan Bandung sebagai Kota Agamis”. Dalam kesempatan itu, hadir Wali Kota Bandung Dada Rosada.
Menurut Dada, silaturahim antartokoh agama ini sebagai cerminan dari Kota Bandung yang mempunyai moto kota agamis. Ia menegaskan bahwa Bandung terbebas dari pertikaian antaragama dan etnis.
“Bandung ini bukan hanya ‘islamis’ saja, tapi juga ‘kristenis’, ‘katolikis’, ‘hinduis’, dan ‘buddhais’. Itu yang kita sebut dengan Kota Bandung Agamis,” ujar Dada kepada wartawan seusai menghadiri acara silaturahim antarumat beragama di Gereja Katedral Bandung, Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/12/2012) seperti dilansir kompas.com.
Dada mengatakan, pluralisme adalah modal dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, kata Dada, pluralisme ini merupakan penguatan NKRI.
“Setiap perbedaan itu bisa tumbuh dan berkembang untuk menciptakan kehidupan yang damai dan menciptakan negara yang hebat,” jelasnya.
Saat ini, lanjut Dada, kerukunan antarumat agama ini sudah terjalin. Hal ini dibuktikan dengan silaturahim antarpara tokoh agama dalam perayaan Natal 2012 ini.
“Bandung sudah punya modal untuk mewujudkan bangsa dan negaranya hidup rukun dan damai. Tuhan menyaksikan petemuan kita. Indah sekali pertemuan ini,” pungkasnya.
Sementara itu, di lokasi yang sama, Ketua Pendeta se-Bandung Raya yang saat itu memimpin Gereja Katedral, Romo Leo van Berdeun, mengatakan hal senada.
“Sebagai kota agamis, mari kita ciptakan kehidupan yang penuh kasih dan damai. Meski kita berbeda-beda, tapi kan tetap kita ini warga negara Indonesia yang mempunyai satu tujuan,” katanya.
Romo Leo pun ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Bandung ini sebagai tempat yang menjadikan kehidupan umat beragama yang damai penuh dengan kebersamaan.
“Saya ingin tunjukkan bahwa dunia bisa tahu betapa kita bisa melakukan ini. Kita ingin buktikan bahwa momen ini sebagai momen kebersamaan,” pungkasnya.
Sumber dan Foto: rakyatmerdekaonline.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : GPIB | Toko Alkes | Butuh Mobil | Property
Copyright © 2011. Warta Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger